#AksiSehatCeria! Tetap Bugar Selama Hamil

"Sehat baru menjadi mahal saat kita jatuh sakit"
Hai Moms! Kutipan diatas sangat sering kita baca ya, tapi apakah kita termasuk orang yang sudah menjaga kesehatan dengan baik? Nah, di postingan kali ini aku akan membagi tips seputar menjaga kesehatan selama kita hamil dengan berbagai sumber termasuk pengalaman pribadi. Simak terus ya! :)


Photo Credit: blogs.carolinas


Hamil adalah pengalaman yang sangat challenging bagiku karena, buatku yang super aktif dan kudu mengalami morning sickness + fatigue di awal masa kehamilan itu bikin ga nyaman ><

Mau masak lemes, mau beberes rumah mual. Duh ga betah kaya begini terus huhu. Sampai akhirnya di umur kandungan 20 minggu aku memutuskan buat menerapkan #AksiSehatCeria agar tubuhku lebih sehat dan bugar sampai nanti tiba waktu persalinan.

#AksiSehatCeria untuk ibu hamil versiku ada tiga cara yang ga boleh terlewat. Ada apa aja ya?

1. Menjaga pola makan 
2. Rutin berolahraga
3. Menjaga kestabilan emosi

Yuk kita bahas satu persatu :)

* * *

1. Menjaga Pola Makan
Buibu pasti tau deh gimana susahnya jaga pola makan di awal trimester. Hirup bau makanannya aja mual apalagi pas makan huhu. Nah, aku punya tips nih gimana tetep bisa makan enak dan nutrisi adik bayi tetap terjaga.

Tipsnya adalah subtitusi bahan makanan yang bikin mual. Contohnya aku ga mau makan nasi, jadi untuk mensubtitusi kebutuhan karbohidrat aku ganti dengan pasta, roti, kentang, dll. Terus cemilannya aku ganti dengan makanan yang kaya protein, contohnya edamame rebus atau tahu goreng sambel terasi hmmm enak kan?


Photo Credit: Get Healthy


Bisa juga diselingi buah kesukaan Moms, contohnya aku bisa habis setengah buah melon dalam satu kali ngemil. Mengenyangkan dan menyehatkan bukan?😄

Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi vitamin yang sudah diresepkan dokter untuk menunjang nutrisi kita dan si kecil. Walaupun kelihatannya sepele, tapi vitamin itu penting banget untuk ibu hamil loh. Karena dengan tambahan vitamin, nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi bisa terserap dengan lebih optimal.


2. Rutin Berolahraga
Nah ini dia favoritku! Karena dengan rutin berolahraga, badan terasa jadi lebih fresh dan bugar seharian. Olahraga favoritku selama hamil adalah prenatal yoga di bidan terdekat atau di rumah modal nonton video instruksi di Youtube hehe.

Prenatal yoga bisa dilakukan setelah umur kandungan 20 minggu ya Moms! Kalau aku pribadi, setiap pagi sebelum beraktifitas aku sempatkan untuk yoga selama 15-20 menit. Setelah itu mandi dan dilanjutkan sarapan. Kalau di pagi hari aktifitas yang kita lakukan menyenangkan, bisa memberikan efek positif seharian loh Moms!


Photo Credit: The Blueroom

Selain itu, dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah kita secara optimal. Dikutip dari artikel yang ada di Dokter Sehat:


"Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung untuk memompa darah tanpa harus dipaksa bekerja keras. Ketika jantung bekerja lebih efisien, sirkulasi aliran darah masuk dan keluar jantung pun akan lebih lancar. Pada akhirnya, hal ini dapat menjaga elastisitas pembuluh darah untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah."

FYI Moms, ngomongin tentang darah aku baru tahu kalau ternyata salah satu syarat untuk menjadi pendonor darah itu tidak boleh punya tekanan darah tinggi loh. Padahal manfaat donor darah untuk pendonor dan yang menerima donor itu banyak banget. 

Ga kebayang kan jika nanti tiba waktu persalinan terjadi komplikasi dan ada ibu hamil yang membutuhkan transfusi darah, terus ga ada stock darah yang tersedia karena banyak calon pendonor yang ditolak karena punya tekanan darah tinggi :"(

Nah bertepatan dengan Hari Palang Merah Indonesia ke-73 pada 17 September 2018 yang lalu, aku mau ngasih info apa aja sih Manfaat Donor Darah untuk kesehatan kita. Semoga makin banyak dari kita yang mau memulai untuk punya pola hidup yang sehat agar bisa mendonorkan darahnya ya Buibu!


Photo Credit: miraclewijaya.com


3. Menjaga Kestabilan Emosi
Moms pasti tau dong perubahan moodswing yang sangat ekstrim saat kita hamil. Ketika bangun tidur, kita fresh dan happy kemudian  berubah 180' menjadi hari terburuk yang pernah ada pada jam 12 siangnya hihi. Menjaga kestabilan emosi saat kita hamil sangat penting untuk kesehatan jasmani dan rohani loh Moms.

Nah, salah satu cara yang ampuh untuk menjaga kestabilan emosi saat kita hamil adalah dengan latihan pernafasan. Sepele ya kelihatannya tapi efeknya sangat terasa loh Moms. Ketika moodswing terjadi kita bisa menarik nafas dalam dalam lalu hembuskan secara perlahan. Dengan begitu, detak jantung yang tadinya berdetak sangat cepat karena pengaruh adrenalin bisa kembali normal perlahan lahan.


Latihan nafas juga sangat berguna untuk persiapan persalinan nanti saat proses mengejan. Dengan berlatih sebelumnya, maka kita akan lebih siap menghadapi gelombang cinta yang datang. Perlu Moms ketahui, ada banyak jenis pernafasan yang bisa kita pelajari untuk bekal persalinan nanti. Ada pernafasan dada, pernafasan perut, womb breathing dan lainnya.


Sekian tips #AksiSehatCeria untuk menjaga kebugaran selama hamil versiku. Oiya, kalau Moms perlu informasi lengkap dan terupdate tentang kehamilan Moms bisa cek ke website Dokter Sehat ya. Ga hanya informasi lengkap aja yang bisa Moms dapatkan loh, Dokter Sehat juga menawarkan jasa konsultasi secara gratis dengan dokter. Wah, bahagianya hihi. Semoga artikel ini bermanfaat ya Moms. Bye! :)



Love,

- Ibunya Diina -
You can find me on Instagram: @hernitajeng

Note: Artikel ini ditulis untuk mengikuti lomba blog Aksi Sehat Ceria yang diselenggarakan oleh doktersehat.com
Informasi lebih lanjut tentang #LombaBlogDokterSehat bisa dibaca disini.

Komentar

  1. Walaupun hamil tetap bisa berolahraga ya Mbak, salam sehat selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus tetep bugar Kang hehe terima kasih sudah mampir :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer